traveling-saat-ramadan-wajib-perhatikan-hal-ini--160606w_3x2Siapa bilang bulan Ramadan tidak asyik buat liburan atau traveling? Sah-sah saja kok kalau mau liburan saat puasa, tapi tetap harus menjaga stamina tubuh agar tetap sehat dan tidak mengganggu aktivitas puasa.

Kalau sudah menjadi kebutuhan, niat untuk liburan pasti tidak bisa ditunda-tunda lagi. Nah saat Ramadan, usahakan untuk memilih destinasi yang tidak terlalu panas agar tidak menyebabkan dehidrasi pada tubuh.

Berwisata ke wahana indoor seperti Trans Studio Bandung atau Museum Angkut di Batu, Jawa Timur akan menawarkan suasana lebih sejuk dan nyaman. Apalagi keduanya juga buka hingga malam hari.

Selain itu, pastikan asupan gizi saat sahur dan berbuka mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Buah, sayur dan air putih wajib masuk dalam daftar makanan yang kita konsumsi. Tambahkan juga suplemen atau vitamin saat tubuh sudah mulai terasa lelah.

Ada baiknya hindari minuman manis seperti susu full cream, teh dan kopi saat sahur. Kandungan yang terdapat di minuman tersebut dapat membuat Anda mudah lelah dan lemas.

Pastikan juga peralatan ibadah masuk ke dalam koper. Jangan lupa bawa Alquran kecil agar liburan Anda tidak mengganggu kekhusyukan ibadah. Tapi kini, sudah banyak tersedia aplikasi Alquran yang dapat Anda unduh di smartphone sehingga lebih praktis dan dapat dibaca saat sedang berkendara.